Percy Jackson Series

              Siapa yang tidak tahu novel bergenre fantasi karya Rick Riordan satu ini? Percy Jackson and The Olympians series ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Perseus Jackson atau Percy yang merupakan anak dewa Poseidon. Novel ini berlatar di Amerika Serikat masa kini dan berdasarkan mitologi Yunani. Seri ini terdari 5 buku yaitu:

1. The Lightning Thief


The Lightning Thief
2. Sea Of Monsters

Sea Of Monster


3. The Titan's Curse
The Titan's Curse
4. The Battle Of The Labyrinth




The Battle Of The Labyrinth




5. The Last Olympians




The Last Olympian






Dua dari 5 novelnya sudah di film kan, yaitu The Lightning Thief (2010) dan Sea Of Monsters (2013). Berikut ini adalah sinopsis dari dua buku tersebut:



1. Percy Jackson&The Olympians: The Lightning Thief

    Percy Jackson-dua belas tahun, disleksia dan GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif)-hampir dikeluarkan dari sekolah asramanya....lagi. Tetapi itu hanya sedikit saja dari sekian banyak masalah yang menantinya. Monster-monster tiba-tiba menyerangnya. Dewa-Dewi dari Gunung Olympus berebutan mencarinya, sebagian melindungi sebagian menyerangnya.
Masalah semakin rumit ketika Percy membuat seorang dewa marah besar. Petir asali milik Dewa Zeus telah hilang dicuri, membuat Dewa Tiga Besar saling menyalahkan dan memunculkan konflik besar di Gunung Olympus. Tanda-tanda akan terjadinya perang mulai terlihat, dunia terancam hancur. Percu pun dituduh menjadi tersangka utama pencurian dan penyebab perpecahan para dewa.
    Kini Percy dan dua orang temannya, Grover dan Annabeth, hanya punya waktu sepuluh hari untuk mencari dan mengembalikan benda keramat tersebut dan mencegah terjadinya perang besar di Olympus. Namun, Percy harus menghadapi tantangan besar, sebuah kekuatan mengerikan yang lebih hebat daripada kekuatan para dewa sendiri.

2. Percy Jackson&The Olympians: Sea Of Monsters

    Pohon Thalia (sumber keamanan camp halfblood) telah diracuni. Chiron disalahkan akan kejadian itu dan dipecat dari perkemahan. Tantalus, yang datang dari tanah hukuman dan yang tidak bisa makan dan minum, yang menggantikannya. Satu-satunya yang bisa menyelamatkan Pohon Thalia dari racun adalah domba emas yang berada di pulau Polyphemus (anak lain dari Poseidon yang berarti saudara-setengah Percy) yang terletak di Lautan Monster (Segitiga Bermuda).
Clarisse, anak dari Ares dan yang adalah musuh bebuyutan Percy, diminta pergi ke Lautan Monster untuk mencari domba emas yang bisa mengobati tanaman, hewan, dan manusia. Percy dan Annabeth memutuskan untuk pergi juga, tidak hanya untuk mendapatkan domba emas itu, tapi juga untuk menyelamatkan teman mereka, Grover, yang di perangkap di gua Pulau Poluphemus. Tyson, si cyclop muda yang berteman dengan Percy di sekolah pada tahun itu, bergabung dengan Percy dan Annabeth dalam perjalanan itu setelah menyelamatkan camp halfblood dari 2 banteng napas-api. Tyson adalah anak Poseidon yang berarti adalah saudara-setengah Percy.
   Saat mereka memasuki Lautan Monster, mereka harus melewati Scylla dan Charibdis. Tyson diduga gugur saat kapal Clarisse tenggelam. Setelah itu, Percy dan Annabeth berjalan ke pulau-pulau yang berbahaya, dan Annabeth menceritakan banyak hal tentang bagaimana Thalia meninggal dan dia memberi tahu isi ramalan tentang dia memberi tahu Percy bahwa Percy harus mengambil keputusan saat menginjak 16 tahun. Perjalanan pulang mereka menghadapi banyak rintangan, contoh nya Pulau Siren dan Circe, akhirnya mereka bergabung dengan Clarisse, Grover, dan terakhir Tyson yang pulang membawa domba emas.
Ketika kembali ke dunia mortal, mereka mengirim Clarisse pulang dengan domba emas ke perkemahan menggunakan pesawat. Percy, Annabeth, Grover diculik oleh Luke. Dalam duel dengan Luke, Percy nyaris terbunuh. Dia diselamatkan oleh Chiron, yang terbukti tidak bersalah, dan saudaranya. Ketika mereka kembali ke perkemahan, Tantalus dibuang hanya karena sihirnya lepas dan dia bisa makan. Tapi, Dionysus malah pergi dan menghukumnya sekali lagi untuk lapar selamanya. Kemudian domba emas ditaruh diatas Pohon Thalia. Kemudian domba emas itu tidak hanya menyembuhkan pohon Thalia yang terkena racun, tapi juga menghidupkan  Thalia, yang terlihat seperti dalam mimpi Percy. Ternyata itu adalah Kronos, melakukan itu supaya memiliki kesempatan lain yang memanipulasi ramalan yang menentukan masa depan Olympus dan Dewa-Dewi Olympia.


It really is a good book! Very recommended! 

0 komentar:

Posting Komentar