El Clásico





El Clásico adalah nama umum yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Real Madrid. Pertemuan mereka terjadi setiap tahun sebagai bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum sembilan pertandingan tahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de Espana, dengan kemungkinan lain dalam Piala Super UEFA dan Final Liga Champions. Kedua klub ini adalah klub-klub yang paling mengikuti pertandingan sepak bola di dunia.
 
Persaingan ini muncul dengan sejarah bahwa Madrid dan Barcelona adalah dua kota terbesar di Spanyol, dan dua klub adalah klub sepakbola paling berhasil dan berpengaruh di spanyol. Real Madrid telah mengumpulkan 73 piala dan Barcelona 68, sementara Athletic Bilbao di tempat ketiga dengan 32 piala. Mereka kadang-kadang diidentifikasi dengan lawan posisi politik, dengan Real Madrid yang mewakili bangsa Spanyol dan Barcelona yang mewakili bangsa Catalan.

Fakta – Fakta El Clásico

- El Clasico yang ke-225 disemua kompetisi pada tanggal 2 Maret 2013, Madrid masih unggul dalam hal jumlah kemenangan. Madrid menang 90 kali, sedangkan Barca menang 86 kali. Sisanya imbang sebanyak 48 kali.

- Benzema dari Real Madrid mencetak gol tercepat di el clásico hanya dalam 22 detik pada el clásico 10 Desember 2011, selain Benzema, Enrique Mateos dan Giovanni dari Madrid dan Francisco Carrasco dari Barca juga mencetak gol sebelum menit pertama 

- Michael Laudrup membawa Barca menang 5-0 di el clásico tahun 1994, dan membawa Madrid menang 5-0 di el clásico tahun 1995. Michael Laudrup juga menjadi satu-satunya pemain yang berhasil meraih 5 gelar la liga berturut-turut dengan 2 klub berbeda

- Fernando Hierro (Real Madrid) adalah pemain yang paling banyak mendapat kartu dalam sejarah El Clasico dengan 18 kartu (17 kartu kuning + 1 kartu merah)

- Kiper Real Madrid, Iker Casillas telah tampil sebanyak 41 kali dalam laga El Clasico. Jumlah ini adalah yang terbanyak dari pemain lainnya sepanjang sejarah pertemuan kedua tim sedangkan Lionel Messi dari Barcelona adalah pemain asing yang tampil paling banyak di partai El Clasico sebanyak 25 kali

- Pencetak GOL terbanyak El-Clasico: Di Stefano 18 - Messi 18 - Raul 15 - Cesar 14 - Gento 14 - Puskas 14

 

 

Ronaldo dan Messi

 

 

Rekor Pertemuan

Hingga partai El Clasico yang ke-225 disemua kompetisi pada tanggal 2 Maret 2013, Madrid masih unggul dalam hal jumlah kemenangan. Madrid menang 90 kali, sedangkan Barca menang 86 kali. Sisanya imbang sebanyak 48 kali.


 LA LIGA
  
 - Real Madrid menang 70  
- Seri 32 
     - Barcelona menang 64
- Jumlah gol Real Madrid 270
Jumlah gol Barcelona 259 
-   Total pertandingan 166



Piala Raja Spanyol

-   Real Madrid menang 11
- Seri 7
-    Barcelona menang 14
Jumlah gol Real Madrid 62
-   Jumlah gol Barcelona 62
-   Total pertandingan 32

 

Piala Liga


-   Real Madrid menang 0
- Seri 4
Barcelona menang 2
-   Jumlah gol Real Madrid 8
-   Jumlah gol Barcelona 13
-   Total pertandingan 6




Piala Super Spanyol

-   Real Madrid menang 6
Seri 2
-    Barcelona menang 4
-   Jumlah gol Real Madrid 25
-   Jumlah gol Barcelona 17
-   Total Pertemuan 12


Piala Champions

-   Real Madrid menang 3
-  Seri 3
-   Barcelona menang 2
-    Jumlah gol Real Madrid 13
- Jumlah gol Barcelona 10
- Total pertemuan 8
Pertandingan Persahabatan
 
- Real Madrid menang 4
- Seri 10
Barcelona menang 19
Jumlah gol Real Madrid 40
- Jumlah gol Barcelona 82
Total pertemuan 33

0 komentar:

Posting Komentar